HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG GAWAT DARURAT (IGD)
Keywords:
Emergency Room, Patient Satisfaction, Therapeutic CommunicationAbstract
Latar Belakang: Komunikasi Terapeutik merupakan komunikasi interpersonal antara perawat dan klien yang dilakukan secara sadar dan bertujuan untuk membantu mengatasi masalah dari klien dan akhirnya mencapai kesembuhan klien. Komunikasi yang dilakukan di IGD berbeda dengan ruangan bangsal karena di IGD lebih memfokuskan pada tindakan yang dilakukan sehingga membuat pelaksanaan komunikasi terapeutik sangat kurang. Hal ini akan mempengaruhi kepuasan pasien, apabila komunikasi yang dilakukan tidak baik maka pasien akan merasa tidak puas.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional pada 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan uji sperman rho
Hasil: Menurut pasien komunikasi baik sebanyak 93 orang (93%), cukup baik sebanyak 5 orang (5%), kurang baik sebanyak 2 orang (2%). Sedangkan tingkat kepuasan pasien, tinggi sebanyak 94 orang (94%), sedang sebanyak 6 orang (6%) dan rendah tidak ada.
Hasil uji statistic rank spearman diperoleh angka signifikan atau angka probibilitas (0,361) jauh lebih tinggi dari 0,05 atau (p<α) maka dari itu Ho diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSD Idaman Banjarbaru.
Kesimpulan: Untuk mengatasi komunikasi yang kurang kepada pasien maka perlu ada nya perbaikan agar komunikasi terapeutik tetap dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi pasien yang datang di ruang IGD.
References
Admin. (2017). Pengenalan Kriteria Pasien Igd. Retrieved January 9, 2023, From Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Website: Http://Rssi.Kotawaringinbaratkab.Go.Id
Anggreny,J , Marathning, Anastasia, Ivana, Theresia. (2017). Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Pasien Di Ruang Teratai Rsud Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi), 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51143/Jksi.V2i2.73
Angkestareni,Warjiman, M. (2016). Gambaran Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Klien Halusinasi. Jurnal Suaka Insan, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51143/Jksi.V1i2.28
Arham, A. H. (2016). Persepsi Pasien Tentang Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Akan Pelayanan Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 9(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51143/Jksi.V1i2.28
Aspuah, S. (2013). Kumpulan Kuesioner Dan Instrumen Penelitian Kesehatan (1st Ed.). Yogyakarta: Nuha Medika.
Astutik, A. R. (2018). Komunikasi Terapuetik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.
Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas Dan Reliabilitas.
Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada Cv.Meubele Berkah Tanggerang. Indonesian Journal On Software Engineering, 5(1).
Khairani, M. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau Dari Komunikasi Perawat-Pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1).
Listari, M. (2021). Pentingnya Sistem Triase Gawat Darurat. Retrieved January 8, 2023, From Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Website: Https://Dinkes.Babelprov.Go.Id/Content/Pentingnya-Sistem-Triase-Gawat-Darurat
Maila, I. El. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau Dari Mutu Pelayanan, Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas. Jawa Timur: Strada Press.
Mane Gabriel Dkk. (2020). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Komunikasi Terapeutik Di Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Lela. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (Jkfn), 3(1). Https://Doi.Org/10.52774/Jkfn.V3i1.52
Mundakir. (2016). Komunikasi Pelayanan Kesehatan (1st Ed.). Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Musliha, S. F. (2015). Komunikasi Keperawatan Plus Materi Komunikasi Terapeutik. Yogyakarta: Nuha Medika.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan (1st Ed.). Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th Ed.). Jakarta Selatan: Salemba Medika.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Salemba Medika, Ed.). Jakarta.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Oxyandi, M. (2019). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Ilmiah Multi Sciencies, 9(1).
Patimah Iin, Suryani, N. A. (2015). Pengaruh Relaksasi Dzikir Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisa. Jurnal Keperawatan Padjajaran, 3(1). Retrieved From Http://Jkp.Fkep.Unpad.Ac.Id/Index.Php/Jkp/Article/View/95/93
Permenkes Ri. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan.
Prahmawati, Pira, Asri Rahmawati, K. (2021). Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2).
Prameilia, A. N. (2019). Tahapan Komunikasi Terapeutik Dalam Penyembuhan Pasien Depresi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Primayoga, A. (2018). Hubungan Kecepatan Respon Pelayanan, Kinerja Tenaga Kesehatan Dan Kondisi Linkungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas I Sokaraja. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Purnamasari, N. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Kelas Ii Dan Iii Rsud Wonosari Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 10(1).
Rahman, S. (2017). Penanganan Gaduh Gelisah Pasien Gangguan Jiwa. Retrieved September 19, 2022, From Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Website: Https://Rsj.Babelprov.Go.Id/Content/Penanganan-Gaduh-Gelisah-Pasien-Gangguan-Jiwa
Rahmawati Pira, Asri Rahmawati, K. (2021). Hubungan Respon Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2). Retrieved From File:///C:/Users/Asus/Downloads/281-551-1-Sm.Pdf
Ramadia, A. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(2).
Ramli, R. (2021). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 1.
Rizal Fahmi. (2021). Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien:Studi Di Unit Fisioterapi. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 8(2).
Rochani, S. (2019). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Perawatan Penyakit Dalam Rumah Sakit Misi Lebak. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana (Jksp), 2(1).
Rusnoto Dkk. (2019). Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Junral Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(2).
Sembiring, I. M. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V1i2.170
Sinurat, S. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Klien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Elisabeth Medan Tahun 2018. Elisabeth Health Journal, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52317/Ehj.V3i1.235
Siregar, A. H. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Martha Friska Medan. Jurnal Ilmiah Pannmed, 12(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatit, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2020). Prosedur Penelitian. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Syamsudin, A. (2020). Gambaran Kepercayaan Diri Perawat Dalam Mengatasi Agresi Pasien Di Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11(4). Retrieved From File:///C:/Users/Asus/Downloads/828-3429-1-Pb.Pdf
Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakterisitk Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes, 8(1).
